Tabungan Persiapan Pernikahan, Nggak Perlu Kali Ya? Ribet!

April 21, 2018 Add Comment
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Halo guys...apa kabar? Semoga hari ini lo gak sakit ya. Gue pas nulis artikel ini kondisi lagi pilek-pilek manja gimanaaa gitu. Oh iya guys, beberapa waktu yang lalu gue sempet posting tentang prosedur mengurus surat numpang nikah kan? Udah baca belom?

Kalo belom baca, baca dulu gih sana. Nah, sekarang gue bakal ngelanjutin nih cerita pengalaman pribadi gue yang masih berkutat dengan persiapan pernikahan. Postingan gue kali ini menyangkut tips-tips finansial ala-ala gitu deh.

Yups, persiapan menikah emang butuh perhitungan finansial yang matang juga, mangkanya gue mau coba share pengalaman gue yang berkomitmen bikin tabungan persiapan pernikahan.

Sebelum nulis lebih jauh lagi, gue selaku pemilik blog ini mohon maaf ya sekali lagi.

Mohon maaf kenapa?

Postingan ini kan masih berkaitan dengan pernikahan, nah berdasarkan traffic alias animo dari pembaca blog yang komen dari berbagai medsos gue, terbagi menjadi dua nih. Kelompok pertama yakni kelompok yang mudah terbawa perasaan alias baper. Baper karena banyak pikiran yang menghantui anggota dari kelompok tersebut seperti....

"Aduh...gue udah umur segini kok belom nikah?"

"Iiihhh itu kenapa jadinya temen gue duluan sih yang nikah"

"Ya...Allah kenapa Engkau memberikan ujian seperti ini? Sudah pasang rencana menikah tapi kok gagal..."

Gue pribadi meminta maaf kepada anggota kelompok pertama ini, tapi tenang. Gue punya hadiah nih.

tabungan persiapan pernikahan

(quranicquotes.com)

Kalo teman-teman yang merasa masuk ke dalam anggota kelompok pertama ini, silakan baca dan yakini ayat tersebut.

"Oh gue gak mau percaya ayat tersebut Ted, karena masalah yang gue alamin gak sesimpel yang lo kira"

Ya gapapa juga sih. Gue gak maksa lo buat percaya kok. Percaya syukur, gak percaya yaudah. Gue cuma mau pesen aja nih, menikah itu jangan buru-buru dan butuh perhitungan yang matang. Mungkin, Allah belom mengizinkan lo buat menikah karena ada satu dan beberapa hal yang ada di dalam diri lo dan pasangan yang lo idam-idamkan bakal jadi pasangan hidup itu belom matang. Matang dalam berbagai hal ya......gak cuma finansial tok.

Nah, kelompok yang kedua ini ialah kelompok yang semangat untuk mempersiapkan pernikahannya atau punya niat yang serius untuk menikah dengan pasangannya. Buat kelompok yang satu ini, gue cuma bisa kasih hadiah tips sederhana yaitu tulisan-tulisan yang gak bermanfaat dari blog gue ini, mending jangan langsung dibaca deh, rugi waktu dan kuota juga.

Oke terlepas lo masuk ke dalam kelompok berapa, gue bakal ngelanjutin tulisan ini. Gue berharap tulisan ini punya manfaat buat lo. Amiiiiinn....

Cukup ya openingnya, sekarang masuk ke cerita pengalaman gue....

Sebenernya itu gue pengen dan punya rencana menikah itu tahun 2018, tepatnya bulan Juli. Eh gatau kenapa sama Allah dipercepat.

"Nahloh Ted, jangan-jangan lo itu yaaa?"

Hayoooo lo pada mau mikir negatif yaaaa. Sebentar guys sebentar jangan buru-buru yaaa kayak ketinggalan kereta aja lo pake buru-buru segala

tabungan persiapan pernikahan

(youtube.com)

Begini ya, gue sih punya prinsip kalo rejeki itu bukan DICARI, tapi DIJEMPUT. Gimana cara menjemputnya?

Simpel sih, lo berdoa dan berusaha aja. Pasang keyakinan kalo menikah itu pasti menambah rejeki bukan menambah masalah. Kalo lo mikirnya nikah nambah masalah, berarti ibadah itu nambah masalah dong ya?

Back to cara gue menjemput rejeki nih ya. Jadi, gue sama pacar gue (sekarang istri gue) dulu komitmen begini...

"Kita nikah 2018, sekarang masih 2016, berarti masih ada waktu 2 tahun lagi buat kita nabung. Gimana kalo kita bikin tabungan bersama, KHUSUS buat pernikahan kita?"

Oke sepakat.

tabungan persiapan pernikahan

(republika.co.id)

Guys, kita yang mau menikah ini memang agak sulit untuk keluar dari dominasi orangtua ya. Kita pasti berangan-angan kalo menikah itu murni dana dari kemampuan kita. Tapi, nyatanya gak bakalan semudah itu.

Inget, lo menikah itu juga harus ada restu dari orangtua, so orangtua juga hampir dipastikan ambil andil dalam konsep pernikahan lo. Gue dan istri gue juga berpikir kayak gitu, seberapa banyak uang yang kita kumpulin, yang namanya orangtua itu pasti bakal ngebantuin biarpun istilahnya cuma bantu Rp5.000 atau Rp1.000
.
tabungan persiapan pernikahan

(kaskus.co.id)

"Terus lo berdua nabung Ted?"

Iya. Gue dan pacar gue waktu itu nyisihin beberapa persen dari gaji yang kita terima. Emang sih harus disiplin dan rutin. Puasa dulu jalan-jalan, puasa dulu makan enaknya, puasa dulu nonton bioskopnya, puasa dulu nongkrong sama temen-teman. Puasa dalam arti gak pergi sama-sekali loh ya. Boleh pergi, tapi jangan tiap bulan. Tiap bulan terima gaji, tiap bulan nongkrong dan jalan. Yaaahhh gimana mau nabung.....

Eh bisa deng nabung kayak gue....

Lo boleh tiap terima gaji mau nongkrong, makan, nonton dan lain-lain asaaaaaalll.....

Lo punya pemasukan tambahan alias pekerjaan sampingan yang bisa nutupin pengeluaran tersebut.

"Lo ada kerjaan sampingan?"

Ada dong.

"Ngapain?"

Lah ini nulis kan kerjaan sampingan gue. Pokoknya lo harus pinter-pinter cari peluang deh, mulai dagang kecil-kecilan, sampe usaha apa pun yang penting halal, InsyaAllah bakal lebih cepet deh. Gue aja nabung tuh gak sampe 2 tahun. Cuma dapet satu tahun setengah apa berapa gitu. Hasil tabungannya dicairin dan dibagi dua deh. Yaaahhh lumayan lah buat DP kendaraan.

tabungan persiapan pernikahan

(anekaroda.com)

Eh buat menikah deh, enak aja beli kendaraan. Nanti aja ah kalo udah nikah biar berasa perjuangan bersama-samanya. Ciyeeehhh....

"Terus lo ada tips gak tuh Ted buat nabung yang efektif gimana deh?"

Ada, nih ya...

1. Komitmen dulu. Nabung di bank mana, berapa lama. Kalo perlu buat perjanjian hitam di atas putih dengan saksi Allah SWT.

2. Lo konsisten sisihin berapa persen dari gaji yang lo dan pasangan lo terima. Misal, 30% ya 30% lo sisihin tuh tiap bulan.

3. Pilih bank yang ATM nya jarang di sekitar rumah lo. Kenapa? Biar lo males tuh ngambil duit tabungan lo sama pasangan.

4. Gue sebagai cowok, cari peluang usaha sampingan biar pemasukan gak cuma dari gaji doang.

5. Gue lebih percaya yang megang ATM nya itu pacar gue. Kenapa? Biar ngelatih manajemen keuangan sebelum berkeluarga, sekalian bisa lo liat (bagi cowok), kira-kira cewek lo pinter gak ngelolanya.

6. Gue bikin tabungan emas dari Pegadaian, khusus buat nabung mas kawin. Jadi, tabungan emas tuh, kita nabung emas tapi dalam bentuk rupiah. Misal, lo nabung 1 juta, nah pas di hari lo nabung itu harga emas Rp500.000/gram , dengan kata lain lo nabung emas 2 gram. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di website Pegadaian ya guys.

Nah, kalo kira-kira beberapa hari atau minggu menjelang hari-H, bisa lo cairin dan tinggal ngitung deh berapa sisa kebutuhannya. Gue sih waktu itu pernikahannya sederhana, gak pake di gedung, tapi 2x syukuran. Pertama di tempat cewek gue, kedua di rumah gue (orang Jawa sih bilangnya Ngunduh Mantu).

Begitu guys...

Oh iya hampir lupa nih. Ini kan kalo konteksnya lo udah punya calon pasangan nih. Nah, kalo buat lo yang tipikal mau langsung menikah, langsung aja nabung tanpa perlu bikin tabungan bersama untuk menikah. Nanti pas menjelang hari H, lo bisa komunikasi sama calon pasangan lo bisanya saling nambah berapa persen. Gituu....

Jangan kepikiran "Ah tips ini mah cuma buat yang udah punya pacar, kalo gue kan maunya ta'aruf"

Yeeeee emangnya lo kira kalo lo ta'aruf terus lanjut nikah gak perlu biaya buat nikah gitu? Mangkanya sabar dan jangan menutup hati ya guys.

tabungan persiapan pernikahan

(makeameme.org)

Wokeh, udah cukup ya tips dari gue kali ini tentang pengalaman tabungan persiapan pernikahan. Kalo kiranya tulisan ini punya manfaat buat dibagikan, silakan dibagikan ya. Semoga pahala juga mengalir buat lo yang ikhlas ngebagiin tulisan ini. Kira-kira gue diminta share apa lagi nih?


Jazakumullah khairan katsir

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Momen Kondangan Jadi Reuni? Sok Tau Lo!

April 12, 2018 Add Comment
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sehat gak guys?


Kenapa tiap postingan gue pasti gue tanya sehat apa enggak? Kalo lo dalam kondisi kurang fit, nanti lo agak sulit meresapi tulisan gue ini. Soalnya, tulisan gue itu emang sulit agak dipahami sih, gak jelas, belibet, dan gak layak baca juga. Jadi, udah jelas kan? Kalo lo kurang fit alias sakit, sekarat, atau minimal sedang cedera, mending close aja deh blog gue ini. Suer deh, postingan kali ini bakal belibet dan butuh fokus tingkat tinggi. Meleng dikit aja, udah gak bakal nangkep deh makna tulisan gue,


sumber foto dari babe.news

Jangan sampe lo merasakan hal seperti meme di atas ya guys.

Oh iya, sebelum terlalu jauh nih ya, ini tulisan kalo bikin baper mending dibagiin aja deh ke temen-temen lo. Gue berharap tulisan gue ini bisa memotivasi temen-temen supaya lebih semangat lagi menjalin silaturahmi. Yups, baper kalo dalam hal yang baik mah boleh. Baper yang ujung-ujungnya bisa mendekatkan diri lo ke Allah SWT ya bagus lah. Yang gak bagus itu, udah baper, melehoy, melempem, dan makin terpuruk dan terperosok dalam jurang kemurungan hidup. 

Siap guys?

Kita mulai yak.

Jadi begini, ada satu temen gue yang nikahan nih. Sabtu kemaren (7/4/2018), sekumpulan anak toke. 

Iya toke. Lo tau toke gak? Temennya tonggeret, nih kayak gini anak-anak toke.



Iyeeee kan.... gimana setelah melihat anak-anak toke di atas? Ganteng? Woh jelas, wong gue ada disitu. Cantik? Woh jelas karena foundation toke betina lagi tebel. Coba gak pake foundation. Mungkin bisa beda wujudnya. 

Bek tu setori yaaaa

"Eh, jelasin dulu toke itu apa?"

Oh iya, toke itu singkatan dari (Tongkrongan Kelas E). Jadi, gue dan temen-temen gue itu masuk di kelas E di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Nah, karena suka nongkrong. Nongkrong di mana aja, pokoknya ada lahan kosong mah tongkrongin aja. 

Semak-semak rimbun aja bisa kok ditongkrongin


sumber foto dari tribunnews.com

Nah, tercetuslah membuat singkatan menjadi Toke. Kalo gak salah dulu ada lambang benderanya deh.

"Gaya banget lo, kelas pake lambang bendera segala"

Iya, lambang kelas gitu ada gambar Toke nemplok gitu dah. 

Lanjut yak...

Ke-15 anak toke ini, memutuskan untuk hadir di kondangan di tempat anak toke yang menikah. Jadi, yang nikah itu pengantin cowoknya itu anak toke juga wkwkwkw. Nah, pada dateng dan saling menunggu untuk sebuah momen.

Momen apa sih? Yaaa momen untuk melepas rindu setelah lumayan lama tidak saling jumpa. Gue ngeliat sih, momen kondangan jadi reuni itu kayaknya emang bakalan jadi paradigma yang bakal terus berlanjut. Kenapa? Kalo reuni itu kan pasti membutuhkan biaya yang cukup banyak. Mengundang EO segala, ngundang band, butuh tempat yang harus disewa, butuh tim panitia juga kan?

Naaaah, dengan adanya kondangan ini, bisa meminimalisir hal-hal tersebut. Gak perlu sewa tempat, gak perlu sewa EO juga deh pokoknya. Dateng, ucapin selamat sama si pengantin, makan, ketawa-ketawa dan jepreeeeett....



Coba deh lo pikir, mungkin gak cuma gue sih yang ngalamin. Ada beberapa temen SMP, SMA, kuliah lo yang sibuknya gak ketulungan. Sama nih kayak anak-anak toke. Ada yang jadi guru, pegawai bank, pengusaha, karyawan, tukang nulis, tukang kibul, itu pada sibuk-sibuk banget. Yaaaa mana sempet lah buat kumpul-kumpul. Momen temen nikah ini sih langka dan sayang banget kalo dilewatkan begitu saja. Meskipun ada beberapa orang yang mikir, gak penting juga sih dateng ke kondangan.

Yaa kalo itu mindset lo sih, monggo. Gue gak maksa. 

Gue salut sama anak-anak toke ini. 

Dari Tangerang? Dateng

Dari Ciledug? Dateng

Dari Jakarta? Dateng

Dari Bekasi? Dateng

Kakinya sakit habis operasi pun dateng. MasyaAllah

Gue sih berharap di momen-momen kondangan berikutnya (ya gak mesti kondangan juga sih ngumpul), itu bisa dateng juga. Ini 15 orang baru setengahnya, lengkapnya ada 30an orang. 15 orang ini aja udah bisa saling bertukar cerita dan memberi senyuman satu sama lain. Gimana 30 orang? Pasti makin mantap



Buat gue sih, selama kita masih sempat untuk hadir, ya baiknya hadir. Kalo pas lagi bentrok ada acara atau badan gak memungkinkan untuk hadir, jangan dipaksakan ya guys. Paling penting kita saling mendoakan saja satu sama lain agar tetap sehat, panjang umur, sukses, dan jangan sampai memutuskan silaturahmi. Kenapa sih silaturahmi itu enak?


sumber foto dari sofyanruray.info

Nah, tuh dia manfaat dari reuni. Reuni itu, menurut gue salah satu bentuk silaturahmi. Kayaknya mang bener deh, kalo silaturahmi itu membuat usia jadi lebih berkah. Buktinya, pas kemaren ketemua sama anak-anak toke, pada ketawa-ketawa tuh. Happy intinya. 

Happy lupa beban kerja (sementara), menenangkan pikiran, jadi makin sehat mental kita dan InsyaAllah makin panjang umur kita. 

Berharap gak salah dong? Wkwkwkwkwk

So, gue harap sih anak-anak toke yang lain bisa segera menikah biar pada reuni lagi kayak gini. Kalo gak kondangan ya gak reuni. Setuju? 

Makasih udah ngebuang waktu lo buat ngebaca tulisan yang unfaedah ini. Monggo, kalo mau berkomentar atau mau di save tulisannya. Dibagikan ke medsos lo juga boleh kok. 

GUE TUNGGU DI KONDANGAN SELANJUTNYA!!

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Kebelet Nikah? Urus Dulu Surat Numpang Nikah

Maret 29, 2018 Add Comment
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Hello guys apa kabar? Gue berharap lo sehat-sehat aja nih ya. Oh iya diantara lo ada yang udah merencanakan pernikahan belom? Wah kalo udah ada yang merencanakan, gue selalu berdoa semoga lo dan pasangan lo bisa lancar sampai hari-H, disehatkan semuanya, diberkahi rejeki lo dan pasangan lo ya.

mengurus surat numpang nikah

(sumber: hindi.siasat.com)

Ngomong-ngomong masalah nikah nih, beberapa temen arisan gue, nanya begini

"Ted, urus prosedur nikah itu gimana sih?"

"Ribet gak sih ngurus-ngurus ke KUA gitu?"

Nah, berdasarkan request secara tidak langsung itu gue mikir dulu nih....

"Apa gue buat ya artikel di blog gue tentang prosedur mengurus surat numpang nikah?. Kayaknya bakal bermanfaat ini buat orang-orang yang membutuhkan"

Setelah bermeditasi beberapa hari, gue putusin buat nulis ini artikel meski agak-agak lupa sih tapi, gue usahain gak bakal jauh beda deh sama yang gue alamin pas urus surat numpang nikah.

Oh iya ini cuma berlaku buat lo yang nikah di kelurahan yang beda sama KTP lo ya.

Gini ya guys ceritane.....

Gue yang akan menikah waktu itu di bulan September 2017, mengurus surat numpang nikah. Nah mengurus surat numpang nikah itu sih sebenarnya lebih cepat lebih bagus (asal lo dan pasangan lo udah punya tanggal pasti buat nikah), tapi gue sendiri ngurusnya pas kurang dari 2 bulan menuju hari-H deh.


1. Bikin surat pengantar dulu dari RT dan RW

Jangan bilang lo gak tau siapa pak RT dan pak RW lo. Masa iya lo udah puluhan tahun atau ratusan tahun tinggal di daerah itu gak kenal siapa pak RT dan pak RW lo sih?

Lo datengin tuh ke rumahnya bilang gini

"Pak, saya mau bikin surat pengantar numpang nikah"

Gitu....

Jangan lo bilang, "Pak, saya saya mau bikin surat pengantar numpang pipis karena udah kebelet nih alias udah diujung"
urus surat numpang nikah jangan sampe kebelet pipis


(sumber: pecintaalam.net)

Biasanya sih surat pengantar numpang nikah langsung jadi dan ditandatangani RT dan RW. Intinya sih lo harus tau tuh jadwal pak RT sama pak RW lagi ngaso di rumah itu kapan. 


2. Bawa surat pengantar tadi ke kelurahan plus berkas-berkasnya

Surat pengantar udah dapet kan? Nah tuh lo bawa ke kelurahan. Kelurahan tempat lo tinggal, bukan kelurahan temen lo, atau dosen lo ya. Awas salah. Jangan lupa siapin berkas-berkas yang diperlukan. Apa aja nih berkas-berkasny.a? Gue sih mengantisipasi aja waktu itu biar gak bolak-balik kelurahan, jadi mungkin agak banyak dan ribet.

1. FC KTP lo dan pasangan
2. FC KK lo yang masih ngikut bokap dan pasangan lo yang juga masih ngikut bokapnya
3. FC akte kelahiran lo dan pasangan
4. FC ijazah lo dan pasangan
5. Pas foto ukuran 2x3 dan 3x4 latar merah dan biru

Itu semua kalo gue sih di fotokopi 5 rangkap. Sekali lagi, cuma buat jaga-jaga aja guys.

Nah, setelah lengkap, langsung dateng ke kelurahan deh. Kelurahan di Jakarta sudah PTSP (pelayanan terpadu satu pintu), jadi kita kasih berkas nanti akan dicek petugas. Kemudian petugas memberikan formulir untuk kita isi. Ada 3 formulir. Salah satunya form N2 ini. Sisanya gue lupa form apa lagi yaaa

salah satu form untuk mengurus surat numpang nikah

(sumber: kuajekanraya.com)

Setelah lu isi, nanti petugas bakal ngetik ulang tuh dan kalo lo beruntung kayak gue (Alhamdulillah), langsung jadi dalam 1 hari. Kenapa? ya bapak lurahnya pas kebetulan lagi gak tugas ke luar. Biasanya kan rapat di kecamatan, atua walikota gitu sih. Jadi, gue cuma menghabiskan waktu sekitar 1 - 2 jam deh. Gue lupa. Pokoknya sekitar itu.


3. Berangkat ke kecamatan

Setelah dapet surat dari kelurahan yang udah ditandatangan pak lurah. Buruan bawa deh tuh surat ke kecamatan. Sampe kecamatan lu tinggal kasih ke loket PTSP lagi, bilang aja mau urus surat numpang nikah. Gue di kecamatan apes nih.

"Mas, pak camatnya sedang rapat. Mungkin siang nanti baru ditandatangan. Tinggalin aja nomor HP, kalo udah jadi nanti dikabari"

Hemm baiklah. Gue tulis nomer HP gue. Gue cabut dari kantor camat dan minta tolong emak gue buat ngambil di kecamatan hehehehehe.


4. Datang ke KUA

Nah ini sih bagiannya emak gue. Gue cuma diceritain sama emak gue kalo habis ngambil surat pengantar dari kecamatan, langsung ke KUA. Nah, di KUA itu tinggal kasih berkas-berkas yang udah disiapin plus surat yang udah ditandatangani lurah dan camat ya.

5. Selesai

Puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah memudahkan gue dalam menjalani prosedur pembuatan surat numpang nikah. Yapz, Alhamdulillah semua berlangsung dalam 1 hari. Setelah prosedur dari KUA tempat lo tinggal selesai, berkas tersebut lo daftarin di KUA tempat lo melaksanakan pernikahan. Kalo lo ngadain pernikahan (akad), di tempat pasangan lo, ya lo harus ke KUA tempat pasangan lo buat daftarin tuh berkas.

"Biayanya berapa tuh semua Ted?"

Untuk prosedur di kelurahan, kecamatan, dan KUA, semuanya GRATIS. Bayar fotokopi surat doang sama parkir. Kalo untuk RT dan RW itu sumbangan sukarela sih. Di tempat gue ada kotak khusus gitu buat kas RT RW., jadi seikhlasnya aja masukin di kotak itu. Yaaaa itung-itung buat pembangunan wilayah setempat lah gapapa dong..?

Intinya, sabar dan ikhlas ya guys.Allah itu Mahabaik bagi hamba-Nya yang emang udah niat tulus untuk menikah. Pasti diberi kemampuan dan kemudahan. Gak percaya?


(sumber: tafsirq.com)

Masih gak percaya juga? Gapapa kok, mau percaya firman-Nya atau enggak kembali ke urusan  masing-masing. So, semangat untuk mengurus pernikahan kalian. Semoga kelak menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Amiiin.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Permulaan Penciptaan Makhluk oleh Allah - Rangkaian Cerita Religi Tentang Dajjal Episode 02 Bagian 1

Maret 15, 2018 Add Comment
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Kita lanjut masuk ke episode 2 ya. Untuk teman-teman yang belum baca episode pertama, bisa baca di artikel Awal Kisah Menguak Misteri Agama dari Dajjal.

Nah, sekarang kita lanjut ke episode kedua yaa. FYI, cerita ini diambil dari Fanpage Meme Ikhwan Akhwat di Facebook. Di episode kedua ini akan menceritakan permulaan penciptaan makhluk oleh Allah Subhanuwata'ala. Bagaimana ya kisah selengkapnya? Yuk kita baca bareng-bareng.

50 Ribu tahun sebelum penciptaan langit & bumi, Allah telah menulis taqdir. Allah yang Qidam, terdahulu tanpa didahului ketiadaan, tidak butuh tempat, dan tidak butuh satu makhluk pun. Ia berkehendak menciptakan makhluk. Maka diciptakanlah langit dan bumi, yang dahulunya satu, kemudian dipisahkan-Nya. Diciptakan dalam 6 hari, Dimulai dari hari Ahad dan berakhir dengan hari Jum’at. Dan kelak hari Jum’at juga akan dihancurkan-Nya kembali.

Ibnu Jarir & Ibnu Abi Hatim meriwayatkan “dari Abu al-’Aliyah, “Allah SWT menciptakan malaikat pada hari Rabu, menciptakan jin pada hari Kamis, dan menciptakan Adam pada hari Jumat. Kemudian, sebuah kaum dari jin ingkar dan kafir, sehingga malaikat turun ke bumi lalu memerangi mereka. Karena itu malaikat berkata, ‘Mengapa Engkau akan menjadikan (khalifah) di bumi itu makhluk yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah ?’.” (kitab Al-’Azhamah)

Ras Malaikat tercipta dari material cahaya. ia adalah makhluk automatic yang terinstallasi ketaatan layaknya sebuah mesin yang taat apapun perintah penciptanya. Termasuk Strong Race (makhluk kuat), Malak = kuat.

Ras Jin tercipta dari api, ia adalah Passion Race (makhluk gairah/nafsu/ambisi) yang seluruh tindak-tanduknya adalah dari gairah. Jika hawa nafsunya baik, ia baik sekali, jika buruk, maka buruk sekali. Ras Jin juga tercipta untuk beribadah. Termasuk Smart race (ras cerdas). Dari Ibnu Abbas, Ras jin menghuni bumi selama 2000 tahun, namun mayoritas mereka berbuat kerusakan. Lalu, Allah hendak menjadikan Ras baru bernama manusia menjadi Khalifah (makhluk pengganti) di muka bumi. Malaikat heran mengapa Allah akan menciptakan makhluk yang berbuat kerusakan seperti bangsa Jin.

Di kalangan Jin ada seorang Shaleh bernama Azazil (yang artinya makhluk kehormatan Allah). Karena keshalihannya, ia dinaikkan derajatnya setara dengan Malaikat dan dapat memasuki Majelis Malaikat di Surga. Azazil adalah nama makhluk jin paling Shaleh sebelum ia membangkang perintah Allah. Setelah ia membangkang, namanya berubah menjadi Iblis, turun kembali ke bumi untuk menyesatkan manusia dan menyesatkan bangsanya sendiri (Jin). Orang barat menyebutnya sebagai “Fallen angel” atau Lucifer.

Ras manusia (human) tercipta dari material tanah. Material tanah adalah material pertengahan. Darinya bisa tumbuh tanaman-tanaman indah & buah-buahan, tapi darinya juga bisa keluar binatang-binatang menjijikan dan mematikan. Termasuk Smart race (ras cerdas) juga, tapi juga punya banyak kelemahan. Saat Allah menciptakan Adam, Dia membiarkannya selama beberapa waktu. Azazil menganalisa tubuh adam dan menyimpulkan bahwa makhluk ini banyak celahnya (kelemahannya). Pada saat ia tercipta, Malaikat bertanya mengapa akan dicipta makhluk ini untuk menggantikan kuasa Jin di bumi. Allah menjawab “Aku lebih mengetahui”.
-----------------
Nah guys, di episode selanjutnya akan menceritakan bahwa Allah menciptakan manusia sebagai ras yang cerdas dan sempurna. Bagaimana kelanjutannya? Harap bersabar ya.

Awal Kisah Menguak Misteri Agama dari Dajjal - Rangkaian Cerita Religi Tentang Dajjal Episode 01 Bagian 1

Maret 08, 2018 Add Comment
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Kali ini Bangbot bakal membagikan rangkaian cerita tentang Dajjal.

"Kenapa harus cerita tentang Dajjal sih Bangbot?"

Begini, Bangbot sih ngerasa bahwa usia Bumi ini sudah tua, dan tanda-tanda akhir zaman sudah semakin dekat. Terserah sih lo percaya dengan yang namanya akhir zaman atau enggak. Kalo gue pribadi sih percaya and Dajjal will arrive.....soon.



Nah, rangkaian cerita ini gue ambil dari Fanpage Meme Ikhwan Akhwat di Facebook. Gue seneng dengan postingan-postingannya yang kekinian tapi tetep dengan suasana keislamannya yang nendang banget.

Pada bagian pertama ini bakal gue share cerita tentang misteri agama dari Dajjal. Sebelum lo baca terlalu jauh, gue punya saran sih. Ketimbang setelah lo baca ini terus nyinyir gak karuan, mending close aja blog ini dan buka blog kesukaan lo. Ini gue tekanin buat lo yang percaya sama akhir zaman aja ya bro sis.

Cerita ini merupakan fiksi yang terinspirasi dari teks-teks Islam tentang Dajjal, yang dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa sejarah sejak zaman Nabi Adam sampai hari ini, serta prediksi-prediksi akhir zaman. inti dari kisah ini adalah menguak misteri agama & keyakinan yang dibawa Al-Masih Dajjal.

Sepasang Suami-Istri bernama Ikhwan dan Fulana mengadakan riset sejarah tentang Agama Dajjal. mereka heran, dalam teks-teks hadits, manusia mudah sekali terpengaruh Dajjal. seolah-olah manusia pada zaman Dajjal tidak punya agama. hal ini mendorong sepasang suami-istri ini mengadakan riset sejarah dari mulai zaman Nabi Adam sampai dengan hari ini, mencoba mengurutkan kronologi bagaimana manusia yang tadinya beragama satu dari zaman Nabi Adam, sampai zaman Nuh di mana manusia mulai menyembah berhala, lalu menjadi sekuler di era ini, dan akhirnya banyak yang menyembah Dajjal nanti. Mereka mengumpulkan data-datanya di sebuah database di supercomputer bernama “Faith Database”.



Mereka juga berkeliling tempat-tempat sejarah untuk menggali artefak-artefak kuno untuk menyibak misteri agama-agama berhala. Mereka punya misi untuk menyebarkan temuan-temuan dan data-data mereka ke publik lewat jaringan Cyber Muslim. Semua ini demi melindungi manusia dari konspirasi jahat kelompok rahasia “The Shirk”, yang punya impian menyediakan karpet merah bagi Al Masih Dajjal di akhir zaman. Kelompok The Shirk inilah yang sepanjang zaman menyesatkan umat Manusia, membuat kerusakan di muka bumi serta menyuburkan kemaksiatan. Jika para Nabi menerima wahyu dari Allah, maka kelompok The Shirk menerima wahyu dari Setan.

Tak jarang Ikhwan & Fulana juga mengalami teror dari kelompok The Shirk ini. Ikhwan & Fulana mulai meneliti awal mula penciptaan langit & bumi, serta manusia, Jin & malaikat. Petualangan dimulai……..

Lanjut ke cerita ke Episode 2 yuk.
 

Waspada! Ternyata Ada 28 Ciri Orang Munafik

Februari 08, 2018 Add Comment
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. BangBot pada kesempatan kali ini bakal ngebahas tentang 28 ciri orang munafik. Jadi tuh, di dalam Al-Qur'an sebenernya udah diberitahu kalau ciri orang munafik itu banyak. Gak percaya? Simak deh artikel berikut yang BangBot ambil dari fanpage Meme Ikhwan Akhwat

Munafik dalam istilah bahasa Indonesia berarti orang yang bermuka dua, sikapnya ganda, kadang begini ke satu pihak, dan kadang begitu ke pihak yang lain. pengertian ini menurut bahasa indonesia.

Adapun menurut Islam, Munafik adalah orang Kafir yang pura-pura masuk Islam. karena orang yang berstatus Islam belum tentu beriman. ada orang yang Islam di mata manusia, tapi hatinya menyembah tuhan yang lain. definisi Munafiq menurut Qur'an :

Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian" padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman (Al Baqarah : 8)

Di Zaman Nabi orang-orang Munafiq membuat konspirasi untuk menghancurkan Islam. mereka adalah antek-antek Kafir yang disusupkan. mereka lebih berbahaya daripada orang Kafir asli. oleh karena itu Adzab nerakanya lebih pedih daripada Adzab orang Kafir Asli.

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka (An Nisa : 145)

NIFAQ AMALI & NIFAQ ITIQADI 
--------------------------
Sifat yang dimiliki orang Munafik dinamakan sifat Nifaq. ada 2 macam sifat Nifaq :

1. Nifaq Amali (nifaq dalam amalan) : 
Yaitu seseorang yang memiliki salah satu sifat munafik yang sifat tersebut tidak mengeluarkan dirinya dari Islam.

contoh : suka berbohong, suka janji palsu, malas shalat shubuh dsb. seorang pelaku nifaq amali tidak dihukumi murtad, tapi berdosa

2. Nifaq I'tiqadi (nifaq dalam Aqidah)
Yaitu seseorang yang memang niat berpura-pura jadi orang Islam padahal hatinya Kafir. dan masalah hati hanya Allah yang tahu, 

28 CIRI KAUM MUNAFIK :
------------------------
1. Penampilan Muslim padahal hatinya Kafir (al baqarah :8)
2. Berpihak (loyal) pada kafir & meninggalkan mukmin (an nisa 138-140)
3. Omongannya Dusta, Janjinya Palsu, mengkhianati amanah (HR Bukhari)
4. Selalu melakukan tipu daya (konspirasi) kepada kaum Muslimin (al baqarah :9)
5. Memecah-belah & mengadu domba antar kaum mukminin (at taubah : 107)
6. Jiwanya goyah, antara mau beriman atau tetap Kafir (An nisa : 143)
7. Menebar desas-desus untuk membuat fitnah (HR Bukhari, kisah haditsul Ifk)
8. Menggembosi semangat perjuangan kaum mukmin (At taubah : 81)
9. Mempunyai Geng untuk melakukan makar (al baqarah : 11)
10. Kasar terhadap Muslim (al ahzab : 19), Lembut terhadap kafir (al hasyr :11)
11. Mempersulit Dakwah (al munafiqun :2)
12. Memata-matai kaum Mukminin (at taubah : 107)
13. Membuat kerusakan (kericuhan/keributan dsb) di mana-mana (al baqarah : 11)
14. Sering mengolok-olok/menyinyir orang-orang Islam (al baqarah :14)
15. Enggan donasi untuk solidaritas Islam (At taubah : 81)
16. Membaca Al-quran tapi Tuli, bisu, & buta terhadap hidayah (al baqarah : 18)
17. Malas shalat, terutama Subuh & Isya (HR Bukhari)
18. Seluruh Ibadahnya riya, pencitraan (an nisa : 142)
19. Sedikit menyebut Allah jika tidak di depan manusia (an nisa : 142)
20. Tidak jelas keberpihakannya di mana (al maidah : 52)
21. Tidak punya cita-cita untuk berjihad (HR Muslim)
22. Jika disuruh berjuang ia menolak & banyak alasan (at taubah : 94)
23. Sering bersumpah palsu (al munafiqun : 2)
24. Menghalangi orang menegakkan Hukum Allah & Rasul-Nya (an nisa : 61)
25. Mengarahkan kita untuk takut kepada kafir (ali imran : 173)
26. Pandai berbicara, mengemukakan dalil, tapi untuk menggembosi Umat (al munafiqun : 4)
27. Jika berselisih (debat/tengkar) ia keji & kasar (HR Bukhari)
28. Takut kalau dibahas ayat-ayat tentang orang Munafik (at taubah : 64)

Nah, itu tadi 28 ciri orang munafik. Semoga kita, keluarga kita, kerabat kita, dan sahabat kita terhindar dari sifat munafik ini ya guys. Kalau kiranya artikel ini bermanfaat buat teman-teman, boleh dibagikan dan semoga mengalir pahala buat yang membagikannya.

Jazakumullah khairan katsir.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Merawat Orangtua Ada Mukjizatnya Lho, Seperti Apa Ya?

Februari 01, 2018 Add Comment
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Gue dapet jarkoman ini di grup WA dan sempet ngelus dada juga. Apa gue udah ngebahagiain ortu gue terlelbih ibu gue? Setelah wafatnya bokap setelah Idul Fitri tahun 2017 kemaren, gue ter-mindset bahwa SEKARANG GUE YANG TANGGUNG JAWAB. Mangkanya kalo ada yang ngajak

"Ted, ayo makan diluar after office"

"Ted, ayo nginep disini pas weekend"

Pikiran gue langsung terlintas, "Gimana emak gue?" Yaaa meski sekarang Alhamdulillah gue dikaruniai istri yang sholehah dan sangat beruntung dia mau ngerawat nyokap gue bahkan nyokap gue pada akhirnya lebih sayang sama mantunya dibanding sama gue anak kandungnya. Tapi itu gak ngurangin semangat gue buat dapet ridho emak gue. So inilah dia ......
Lo mewek? Sama, gue juga
Sumber foto dari kompasiana.com


MUKJIZAT MERAWAT ORANG TUA

Uang bisa dicari

llmu bisa digali,

Tapi kesempatan untuk mengasihi orang tua takkan terulang lagi. 

Ketika anak kita menemukan jodohnya, dan mendapatkan wanita cantik yang berhasil merebut seluruh hatinya, tidak jarang orang yang pertama menjadi musuh si Anak adalah orang tuanya sendiri.

Orang tua yang semula begitu mulia, mendadak terasa menjadi sangat cerewet, dan menjadi sumber masalah rumah tangga. Apalagi bila si anak (laki²) tidak berhasil menyatukan hati istrinya dengan ibundanya.

Padahal, anak-anak yang merawat orang tuanya sampai wafat, kebanyakan di cintai Allah. Hal itu tercermin dalam karir hidupnya di dunia, dan mereka cenderung menjadi orang yang sukses.

Mu’jizat Orang Tua, dapat kita temukan dalam sejarah hidup seorang sahabat di bawah ini :

 –o0o–

Ketika ibu dari Iyas bin Muawiyah wafat, lyas meneteskan air mata tanpa meratap, lalu beliau ditanya seorang sahabat tentang sebab tangisannya, j
Jawabnya, “Allah telah membukakan untukku, beberapa pintu untuk masuk syurga, sekarang, satu pintu telah ditutup. ”

Begitulah, orangtua adalah pintu syurga, bahkan pintu yang paling tengah di antara pintu-pintu yang lain.

Lo cewek? Harus bakti juga sama emak lo
Sumber wahidnews.com


Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
"ORANG TUA adalah PINTU SYURGA YANG PALING TENGAH, terserah kamu, hendak kamu terlantarkan dia, atau kamu hendak menjaganya.”
(HR Timidzi)

Al-Qadhi berkata, "Maksud pintu syurga yang paling tengah, adalah pintu yang PALING BAGUS dan PALING TINGGI. 

Dengan kata lain, sebaik-baiknya sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam syurga dan meraih derajat yang tinggi adalah dengan mentaati orangtua dan menjaganya.”

Bersyukurlah jika kita masih memiliki orangtua, karena di depan kita masih ada pintu syurga yang masih terbuka lebar. Terlebih bila orangtua telah berusia lanjut.  Dalam kondisi tak berdaya, atau mungkin sudah pelupa, pikun dan terkesan cerewet, atau tak mampu lagi merawat dan menjaga dirinya sendiri, persis seperti bayi yang baru lahir.
SUNGGUH TERLALU, ORANG YANG MENDAPATKAN ORANG TUANYA BERUSIA LANJUT, TAPI DIA TIDAK MASUK SYURGA, PADAHAL KESEMPATAN BEGITU MUDAH BAGINYA.

Kapan terakhir lo cium emak lo sendiri?
Sumber foto dari islamidia.com

Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam.. bersabda, "Sungguh celaka....., sungguh celaka,… sungguh celaka" 

lalu seseorang bertanya “Siapakah itu wahai Rosululloh?”
Beliau bersabda, “Yakni orang yang mendapatkan, salah satu orang tuanya, atau kedua orang tuanya berusia lanjut, namun ia tidak juga bisa masuk syurga.”
(HR Muslim)

Dia tidak masuk syurga karena tak berbakti, tidak mentaati perintahnya, tidak berusaha membuat senang hatinya, tidak meringankan kesusahannya, tidak menjaga kata-katanyanya, dan tidak merawatnya saat mereka tak lagi mampu hidup mandiri.

SAATNYA KlNI, KlTA BERKACA DIRI, SUDAHKAH LAYAK KITA DISEBUT SEBAGAI ANAK YANG BERBAKTI? SUDAHKAH LAYAK KITA MEMASUKI PINTU SYURGA YANG PALING TENGAH?

Semoga bermanfaat. Jazakumullah khairan katsir

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Hadiah Bagi Orang yang Melangkahkan Kaki ke Masjid

Januari 25, 2018 Add Comment
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Guys, gue mau share nih informasi yang mungkin aja bisa jadi motivasi buat lo semakin dekat sama Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini info gue dapet dari jarkoman grup kajian di WA gue. Mau gue cantumin sumbernya bingung. Yaudah berdoa aja yang membuat tulisan dan ngebagiin tulisan ini dapat ganjaran dari Allah.

So, kali ini gue bakal nge-share tulisan pahala bagi orang yang melangkahkan kakinya ke masjid. Kira-kira apa saja ya untungnya? 



Beruntunglah orang yang melangkahkan kaki ke masjid, baik untuk mencari ilmu (ngaji & musyawaroh), Sohlat (wajib, jumat, sunnah),  maupun amal sholih Pembangunan Masjid.
Sekurang-kurangnya mereka mendapat 11 ganjaran pahala dari Alloh sebagai berikut;

1- Rasulullah berpesan: "Jika kamu melihat seseorang yang senantiasa ke masjid, maka Saksikanlah bahwa dia orang beriman. Allah berfirman: 'Sesungguhnya orang yang memeriahkan masjid-masjid Allah hanyalah orang yang beriman dengan Allah dan hari akhirat (QS. At-Tawbah: 18). "
(HR. Ibnu Majah)

2- Rasulullah bersabda: "Barang Siapa yang pergi ke masjid jamaah, maka pada tiap satu langkah dihapuskan dosa, pada langkah lain dicatatkan pahala, baik untuk pergi atau pulang."
(HR. Ahmad, HR. Ibnu Majah)

3- Rasulullah bersabda: "Tidak ada seorang Muslimin yang sentiasa menghadirkan dirinya ke masjid-masjid untuk solat dan zikir melainkan Allah gembira menyambutnya sebagaimana ahli keluarga yang bergembira menyambut saudaranya yang sudah lama menghilang."
(HR. Ibnu Majah)

4- Rasulullah bersabda: "Ada tiga golongan semuanya dijamin Allah; ketika hidup dia diberikan rezeki dan kecukupan, apabila mati dia masuk syurga:
i.  Brgsiapa yang masuk ke rumahnya dengan memberi salam, maka dia dijamin Allah.
ii. Brgsiapa yang keluar rumah untuk ke masjid, maka dia dijamin Allah.
iii. Brgsiapa yang keluar demi untuk berjuang di jalan Allah, maka dia dijamin Allah.
(HR.Bukhori dalam Adab al-Mufrad)


5- Rasulullah bersabda: "Tidak berkumpul suatu kaum di mana-mana rumah Allah, mereka membaca kitab Allah (Quran) dan mengkajinya sesama mereka, melainkan diturunkan kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat dan malaikat meneduhi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka di depan malaikat-malaikat."
(HR. Muslim)

6- Rasulullah bersabda: "Ada tujuh golongan yang akan dinaungkan Allah dengan naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya...seseorang yang hatinya terpaut pada masjid-masjid."
(HR. Bukhori)
Dalam Hadist riwayat Imam Malik:
"Seseorang yang hatinya terpaut pada masjid sehingga dia kembali ke situ semula."

7- Rasulullah bersabda: "Berilah khobar gembira kepada orang yang selalu berjalan kaki dalam kegelapan malam demi menuju ke masjid bahawa untuknya cahaya sempurna pada hari kiamat."
(HR. At-Tirmidzi)

8- Rasulullah bersabda: "Barang Siapa yang solat berjamaah dengan takbir pertama diniati Karena Allah berturut turut selama 40 hari , dicatatkan untuknya dua pelepasan; pelepasan dari neraka dan pelepasan dari sifat munafik."
(HR. At-Tirmidzi)


9. Rasulullah bersabda: "Masjid adalah rumah setiap orang bertakwa. Allah telah menjamin brgsiapa yang menjadikan masjid  ibarat rumahnya dengan keluasan, pertolongan dan kemudahan melewati Siroth (jembatan) menuju kpd keridhoan Tuhan."
(Riwayat al-Baihaqi)

10- Rasulullah berasabda: "Brgsiapa yang berpergian pada waktu awal pagi atau petang menuju ke masjid, Allah akan menyediakan baginya tempat atau hidangan di dalam syurga setiap kali dia pergi ke masjid pada awal pagi dan petang."
(HR. Ahmad)

11- Allah berfirman: "Demikianlah, dan brgsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah maka karena hal itu satu tanda ketakwaan hati."
(QS. Al-Hajj 22: 32)
Dan Allah juga berfirman: "Sesungguhnya orang paling mulia di sisi Allah ialah yang paling bertakwa." 
(QS. Al-Hujurat 49: 13)



Nah itu dia guys, mulai sekarang yuk kita sama-sama rajin melangkahkan kaki ke masjid supaya Allah semakin sayang sama kita. Kalo berkenan lo, bisa share ke temen-temen atau kerabat lo ya.

Jazakumullah khairan katsir

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Lagi Trend! Go-Pay dan Go-Food Haram?

Januari 14, 2018 Add Comment
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Hai, balik lagi nih sama Bangbot. Gimana kabar kalian? Gue sih berharap kabar lo semua sehat dan selalu siap untuk semakin taqwa ya guys. Jadi gini guys, beberapa waktu yang lalu, di grup facebook driver ojek online itu muncul sebuah fenomena yang sebenernya gak baru dan gak asing sih menurut gue. Fenomena tentang pernyataan seorang ustadz yang menyatakan bahwa Go-Pay dan Go-Food haram. Kenapa haram? Jawabannya riba.

go-pay dan go-food haram


Yakin kalo Go-Pay atau Go-Food itu haram? Eits ntar dulu. Gue disini gak bakal ngejelasin tuh masalah Go-Pay yang haram itu ya. Sebelum lo bisa ngejudge Go-Pay itu haram termasuk riba apa enggak, mending lo cari dulu tentang riba deh. Googling atau nge-youtube ustadz-ustadz juga banyak kok yang ngejelasin riba itu apa. Satu sih yang harus lo pegang kalo riba itu haram.

go-pay dan go-food haram


Noh, liat dewek! Ngeri gak tuh kalo ternyata riba itu bakal dihancurkan sama Allah. Emang sih, kita yang hidup di zaman sekarang ini, sangat sulit sekali buat ngehindari riba. Tapi, paling enggak kita meminimalisir deh riba yang masuk ke dalam diri kita. 

Oke. Back to judul tulisan! Apa bener Go-Pay dan Go-Food itu riba? Salah satu Ustadz yakni, Erwandi Tarmizi telah menjelaskan dalam video di Youtube jika akad dalam Go-Pay itu haram. Begitu juga dengan Go-Food. Nah, kalo lo pengen tahu penjelasannya gimana, lo tonton aja sendiri ya. Jangan nonton video yang potongan atau cuplikan doang. Nonton video yang full, jangan cuma video esek-esek aja yang lo tonton sampe full.

go-pay dan go-food haram


Habis lo tonton tuh video, lo simpulin deh. Oh iya, ada juga ustadz lainnya yang ngebahas dengan topik yang sama. And gimana pendapat gue selaku pengguna ojek online yang merangkap juga sebagai driver ojek online?

Simpel sih. Alhamdulillah, gue selama pake tuh aplikasi ojek online, selalu bayar cash. Kenapa? Ya kan alat pembayaran yang sah di Indonesia itu ya uang dan untungnya selalu punya uang cash untuk bayar tuh driver. Lalu, bagaimana dari sisi gue sebagai driver? Lebih seneng nerima cash atau Go-Pay? Ya kalo ditanya lebih suka mana, ya lebih suka cash lah. Langsung bisa buat beli bensin, makan, jajan batagor, jajan ketoprak, dan lainnya. Kalo Go-Pay kan masuk rekening driver tuh dan harus ke ATM dulu buat ngambil.

Gimana guys? Semua kembali ke pilihan lo masing-masing ya. Semoga tulisan gue bisa bermanfaat buat lo.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. 

Jadwal Kajian Ustad Adi Hidayat Januari 2018

Januari 05, 2018 Add Comment
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. BlogBangBot kembali lagi hadir untuk membagikan jadwal kajian Ustad Adi Hidayat. Untuk tulisan kali ini, akan disediakan jadwal kajian Ustadz Adi Hidayat bulan Januari 2018.  Berikut jadwal kajian lengkap Ustad Adi Hidayat bulan Januari 2018 yang diambil dari halaman facebook Akhyar TV.
Demikian, jadwal kajian Ustad Adi Hidayat yang bisa BlogBangBot hadirkan. Besar harapannya, pengunjung dan pembaca blog in dapat menyempatkan hadir di pengajian tersebut. Yuk, jadikan ladang amal kita bersama dengan menyebarkan kebaikan kepada kerabat, saudara, teman, dan keluarga dengan menekan tombol "share" di bawah postingan ini.

Jazakumullah khairan katsir. Wassalamualaiku warahmatullah wabarakatuh.


Berbagi Pengalaman Kerja di Ruangguru

Desember 19, 2017 Add Comment
bekerja di ruangguru
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Heloo guys, apa kabar? Gue harap sih kabar lo semua selalu sehat jiwa raga yapz. Oh iya guys, dipostingan ini gue bakal share cerita suka duka kerja di dunia start-up. Yaaa....kalo dibandingin lo yang baca tulisan ini mungkin gue bisa dianggap "anak kemaren sore" kali ya. Kenapa? Dibilang fresh graduate sih enggak ya. Tapi pengalaman kerja gue itu baru dikit banget.

Jadi, sebagai muslim yang taat itu, kita emang diwajibin bekerja guys dengan niat ibadah ya tentunya. Coba lihat ayat berikut ini

Tuh, lo liat sendiri kan? Kalo ternyata bekerja itu hukumnya wajib. Yaiyalah...kalo lo cuma bisa plonga...plongo...itu patut dipertanyakan. Oh iya, kerjanya juga harus yang halal loh ya. Jangan mentang-mentang kerja itu wajib, terus lo malah pilih kerjaan yang haram. Sama juga bohong keleuss..

Jadi, gue yang lulusan Bahasa Indonesia di tahun 2015 ini mencoba peruntungan setelah lulus menjadi wisuda. Alhamdulillah dapatlah pekerjaan pertama gue di sebuah PT yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara. Gue bekerja di PT itu selama lebih kurang 2 tahun. Gak lama, langsung coba ngelamar kerja di Ruangguru.

Sudah jalan 4 bulan gue gabung di ruangguru. Kalo suruh menilai dari skala 1 s/d 10, ruangguru gue kasih nilai 8.5

Lingkungan kerjanya asyik, plus kantor ruangguru yang ada di Tebet ini gak jauh kok sama rumah gue. Jadi ya pasti nyaman lah, gak tua dijalan. G.ue ngelamar kerja di ruangguru ini bulan April kalo gak salah, baru dipanggil buat test itu bulan Agustus. Dulu pas apply sih udah gak kepikir bakal dipanggil buat interview  karena jaraknya udah lama banget berselangnya. Namanya rejeki ya, jadi gak bakal kemana.



Lowongan pekerjaan di Ruangguru yang gue apply pun gak jauh berbeda dengan pekerjaan gue sebelumnya yakni script writer. Bikin naskah buat animasi. Di Ruangguru ini banyak pengalaman yang mengenalkan gue di dunia start-up. Pas di awal-awal gue sempet merasakan bagaimana membuat storyboard untuk produk ruangbelajar, sebelum akhirnya (saat menulis artikel ini) gue pindah ke bagian yang berfokus pada konten di blog ruangguru.





Gue belajar bagaimana membuat storyboard untuk video animasi yang masuk dalam produk ruangbelajar. FYI guys, ruangbelajar itu produk terbaru dari ruangguru. Di ruangbelajar ada ribuan video pembelajaran yang disertai dengan animasi yang menarik. Jadi tuh ya di video itu ada tutor, di ruangguru sih nyebutnya master teacher, yang ngejelasin tentang sebuah materi. Nah, di dalam penjelasan itu muncul berbagai macam animasi-animasi untuk mendukung penjelasan tadi.  Hmmm gue langsung berpikir, dengan adanya metode belajar kayak gini, users yang notabene para siswa bisa betah nih.



Gak cuma video dengan animasi aja loh guys. Ada juga rangkuman dari tiap topik yang dibahas. Eits, ntar dulu! Rangkuman ini gak sembarang rangkuman loh. Rangkuman ini bisa lo simpen di HP lo. Jadi, kalo sewaktu-waktu lo pengen baca atau inget-inget lagi, gak usah repot-repot buka videonya, tinggal buka aja rangkuman yang udah lo simpen. Selain rangkuman, ada juga tuh kuis dan latihannya juga, plus ditambah pembahasannya pula. Enak banget kan? Pokoknya, ruangbelajar ini bisa jadi solusi buat lo yang mau belajar tapi gak perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal nyalain HP lo, install aplikasi ruangguru, dan gabung deh di ruangbelajar.

Nah itu dia guys, sedikit share pengalaman kerja di ruangguru. Sorry udah buang waktu 3 - 5 menit lo buat baca tulisan ini.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Tips Membangun "Rumahku Surgaku", Pengantin Baru Wajib Baca!

Desember 08, 2017 Add Comment
Bukan bermaksud menggurui, tapi ini ada postingan yang mampir di grup WA, dan menurut gue baik, jadi gue putusin buat share ulang. Momennya pas banget karena Alhamdulillah gue masih pengantin baru, jadi gak ada salahnya dong gue share? Oke, simak artikel singkat berikut ya.

"Rumahku surgaku", sering kita dengar, sering kita baca dimana-mana, namun sekarang hanyalah slogan. Kenyataannya banyak yang tidak betah di rumahnya. Berikut beberapa tips agar rumah menjadi surga:

1. Jauhi dosa
Dosa bisa membawa petaka. Dosa membawa naas.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
-سورة الروم, آية ٤١

Kalau salah satu anggota keluarga tidak betah, maka setiap anggota keluarga harus berinstropeksi. Dan tentunya banyak beristighfar.

2. Terangi rumahmu dengan sholat dan Al quran

 {وَنُنزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِين}

“Dan Kami turunkan di dalam al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS al-Israa’: 82).

Dan Nabi shallallahu 
alaihi wassalam  bersabda:

"نوروا منازلكم بالصلاة وقراءة القرآن"

“Terangilah rumah-rumahmu dengan dengan shalat dan membaca al-Qur’an.” (HR. Baihaqi)

Untuk laki-laki, sholatlah sunnah di rumah kalian karena itu lebih utama, dan lebih menjaga hatimu.

فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ صَلَاةُ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الْمَكْتُوبَةَ

Wahai manusia, shalatlah kalian di rumah-rumah kalian, sesungguhnya shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang yang dilakukannya di rumahnya, kecuali shalat fardlu.(HR Bukhari)

Kebanyakan orang memenuhi rumahnya dengan perabotan, menghadirkan di rumahnya penghias yang mahal, namun dia lupa mengahadirkan Allah pemberi rahmat dan keberkahan ke dalam rumahnya.
tips membangun rumahku surgaku

3. Rumah yang nyaman, dan tetangga yang baik

أربعٌ مِنَ السعادةِ : المرأةُ الصالحةُ والمسكنُ الواسعُ والجارُ الصالِحُ والمركبُ الهِنِيْءُ، وأربعٌ من الشقاوةِ : الجارُ السوءُ والمرأةُ السوْءُ وَالْمَسْكَنُ الضَّيِّقُ وَالْمَرْكَبُ السُّوْءُ

“Ada empat diantara kebahagiaan : istri yang sholihah (baik), tempat tinggal yang luas, tetangga yang sholih (baik), dan kendaraan yang nyaman. Ada empat kesengsaraan: tetangga yang buruk, istri yang buruk, rumah yang sempit, dan kendaraan yang buruk”. [HR. Ibnu Hibban dalam Shohih-nya (no. 4032)

4. Jangan mencari-cari dan membesarkan kesalahan pasanganmu

 إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (HR. Muslim)

Nah berikut ada ilustrasi tanya jawab singkat perihal tips membangun "Rumahku Surgaku"

1. Bagaimana kalau kita memiliki suami yang pemarah?

==> Maka berdoalah, dan (berusaha) membuat suami tidak punya kesempatan untuk marah.
Bikin list apa saja yang bikin suami bisa marah dan jangan sampai istri lakukan hal itu, sehingga suami tak punya kesempatan untuk marah.


2. Bagaimana cara menasehati istri dengan baik?

==> Sebelum kau menasehati istrimu, katakan kau cinta padanya. atau beri hadiah sebelum menasehati seperti coklat.

==> Kadang kau juga harus menasehati istrimu dengan tulisan

==> Terakhir, puji ia jika ia berbuat kebaikan, dan tegur dengan lembut dan jangan di depan anak-anak.

Itu dia tadi beberapa tips membangun "Rumahku Surgaku". Cocok banget nih kita sama-sama terapin. Bagi lo penganten baru atau penganten senior pun gak ada salahnya mulai menerapkan ini. Yuk, sama-sama kita saling mendoakan agar keluarga kita senantiasa istiqomah di jalan Allah SWT dan dimudahkan membangun "Rumahku Surgaku" meski banyak yang nyinyir di sekitar kita.

----------------------------
 Sumber artikel
🌍 Website : https://asysyamil.com
💠 FB : https://goo.gl/tJdKZY

Baru Tahu! Aplikasi Pencarian Guru Privat Online

Desember 06, 2017 Add Comment

Guys, lo pernah gak sih ngalamin kesulitan dalam mempelajari suatu hal? Pasti pernah kan ya? Manusiawi kok. Menurut pengalaman yang udah-udah gue alamin nih, kesulitan itu bisa disebabkan beberapa faktor seperti:

1. kurang fokus dalam belajar;
2. kurangnya minat dalam mempelajari hal tersebut; dan
3. pengajar yang bukan ahli dalam bidangnya

Sebenarnya, bisa aja sih menyelesaikan ketiga masalah tersebut sekaligus. Caranya ada di poin ketiga. Kenapa di poin ketiga? Ya jelas dong. Namanya juga belajar jadi harus ada guru yang benar-benar paham dengan bidangnya. Lo bisa bayangin gak tuh kalo lo belajar tapi dengan guru yang bukan ahli di bidangnya? Misal, lo pengen belajar bahasa Inggris tapi lo belajarnya sama guru olahraga. Nyambung gak tuh? Konslet iya.

Sebenernya simpel sih, lo bisa lihat di Al-Qur'an surat AL Baqarah ayat 31
sumber tafsirq.com
Nah coba lo perhatikan artinya deh. Allah SWT mengajarkan Nabi Adam SAW menyebutkan nama-nama benda. Dari sini saja kita bisa liat kan bahwa kita diharuskan mencari pengajar yang memang pintar untuk mengajarkan kita. Sebagai umat Islam, kita harus yakin Allah Maha Segalanya, termasuk Maha Pintar. Jadi, dengan kata lain Nabi Adam diajarkan oleh langsung yang Maha Pintar. Manusia memang tidak ada yang sempurna, termasuk guru. Yaiyalah guru kan juga manusia coyy. Tapi paling enggak kita harus mencari guru yang pintar dibidangnya. Jangan sampai kita belajar sama guru yang pura-pura pintar yang pada akhirnya kemampuan kita di suatu bidang juga menjadi suatu bentuk kepura-puraan.

Nah, gue sempet nemu nih salah satu aplikasi pencarian guru privat online yang menuerba modern seperti saat ini lo bakal disuguhin berbagai macam akses pendidikan yang gampang banget dicari. Mulai dari tempat les privat, guru privat ke rumah sampai aplikasi belajar online gue belum ada yang kayak gini. Nama portal websitenya ruangles.
guru privat online
sumber ruangguru.com


Ruangles ini dikelola oleh Ruangguru. Nah, lo tau gak tuh ruangguru itu apa? Jangan ngomongin produknya tapi gak tau sama yang punya produk. Jadi gini bro sis, Ruangguru itu perusahaan berbasis start-up yang bergerak di bidang pendidikan. Gile....., gue aja baru tahu nih kalo ternyata ada start-up bidang di pendidikan. Nah, pendiri Ruangguru itu Belva Devara sama Iman Usman. Pasti diantara lo juga udah pada tau lah siapa kedua orang hebat itu.


sumber id.techinasia.com 

Back to produk yang bakal gue bahas disini yaitu ruanglesRuangles ini menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli. Eitss bukan dalam artian toko online loh ya. Ini sejenis marketplace yang mempertemukan siswa dengan guru privat. Pasti dibenak lo bilang gini deh "Ah sama aja kayak cari guru privat lain." Kalo itu yang ada dalam benak lo, maka dipastikan lo salah besar. Ada beberapa keunggulan ruangles sebagai marketplace pencarian guru privat.

Di ruangles ini lo mau cari bidang pelajaran di luar matpel sekolah ada. Biasanya kan iklan-iklan yang ada di tiang listrik dekat rumah lo nawarin jasa privat ke rumah. And...lo dapat pastiin privat yang ditawarin itu gak jauh hubungannya sama pelajaran di sekolah, ya kan?

Nah, Ruangguru mencoba membuat inovasi dalam melakukan pemesanan jasa guru privat. Inovasinya gak cuma dengan teknologi doang guys. Dari mata pelajaran yang  ditawarkan pun lebih. Gak cuma guru privat yang ngajarin pelajaran di sekolah doang.

Lo mau cari guru privat musik? Ada.
Lo mau cari guru privat mengaji? Ada.
Lo mau cari guru privat menjahit? Ada.
Lo mau cari guru privat buat ngajarin jadi montir yang handal? Ada juga. Gak percaya? Nih liat gambar di bawah ini.



sumber ruangguru.com/les

Lo juga bisa nentuin di mana lo mau belajar privat. Misal nih lagi suntuk, lo panggil guru privat buat belajar bareng di cafe favorit lo gitu, bisa! Gak harus di rumah guys. Lo pasti kebayang kan kalo ikut les konvensional yang mana lo harus dateng tuh ke tempat lesnya. Belom lagi kalo cuaca gak mendukung buat jalan alias hujan. Mager banget dan seketika niat lo buat les hilang.

Enaknya lagi, ada lebih dari 80.000 guru yang bisa lo pilih sesuai kriteria lo. Mau cari yang cantik? Atau cari yang ganteng plus pinter kayak yang punya blog ini? Ada itu mah. Banyak banget malah.

guru privat online
sumber ruangguru.com

Lo gak perlu khawatir sama kualitas guru privat di ruangles. Guru-guru privat di ruangles ini udah pasti lolos dari rangkai proses ketat untuk menjamin kualitasnya. Selain itu, guru-guru privat di ruangles juga berasal dari berbagai universitas negeri terbaik di Indonesia seperi UI, ITB, UGM, dan lain-lain. Oh iya, lo gak perlu takut kalo jauh dari kota-kota besar seperti Jakarta. Guru-guru di ruangles ini tersedia di seluruh Indonesia kok. Jadi, lo yang ada di daerah yang bukan termasuk kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, dan ibukota-ibukota lain di Indonesia.

Enaknya di ruangles itu, kayak lo pesen ojek online aja. Lo juga bisa kok ngasih rating ke guru yang udah ngajarin lo. Jadi, setelah lo belajar sama guru privatnya, lo bisa kasih rating ke guru. Lo juga bisa kasih komentar juga ke guru tersebut. Gimana cara ngajarnya, gimana cara penyampaiannya. Ada nih beberapa guru yang punya rating OK banget dan recomended buat dijadiin guru privat.
sumber ruangguru.com

Tuh kan...sekarang gak cuma driver ojek online aja yang bisa lo kasih rating. Tapi guru privat online juga bisa lo kasih rating. Enak kan? Nah, maka dari itu sekarang zaman kan udah modern, ojek aja bisa lo pesen via aplikasi kan? Lah terus kenapa gak lo coba panggil guru privat via aplikasi juga lewat ruangles.


 sumber ruangguru.com
Oh iya bro sis, ternyata di ruangguru itu ada produk baru, namanya ruangbelajar. Nah, di ruangbelajar itu lo bisa ngeliat penjelasan dari master teacher dengan gambar animasi yang keren dan menarik. Dijamin gak bakal bosen ini mah. Gak cuma itu, di ruangbelajar itu juga ada rangkuman dan bisa tukeran catatan antarteman yang udah gabung di ruangbelajar loh. Pokoknya mantapzz banget deh di gabung di video belajar online  -nya ruangguru.

Ini produk paling baru dari Ruangguru ya guys. Sekarang udah ada kok iklannya di tv. Itu loh, pemerannya si Iqbaal eks anggota CJR. Jadi, Iqbaal ini didaulat sebagai brand ambassador dari Ruangguru. Mantaps kan?

pencarian guru privat online

sumber youtube.com

Ruangbelajar ini merupakan produk unggulan dari Ruangguru. Kenapa? Di ruangbelajar ini video belajarnya langsung diajar sama para Master Teacher terbaik dari Ruangguru. Oleh karena itu, video-video belajar dari ruangbelajar ini dijamin kece, keren, gak ngebosenin, dan bikin kamu jadi ANTI-REMED.


sumber ruangguru.com

Tuh kan guys lo liat sendiri kan? Videonya keren ditambah yang ngejelasin juga punya keahlian di bidang ilmu yang diajarkan? Kurang mantap apa coba? Yuk, gabung sekarang di ruangbelajar dengan download aplikasinya.

DOWNLOAD APLIKASI VIA PLAYSTORE
DOWNLOAD APLIKASI VIA APP STORE




BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email